Berita

Kunci Usaha Sukses, Jadikan Karyawan Sebagai Majikan

Untuk membuat karyawan semakin loyal maka seorang pengusaha terlebih dahulu harus loyal kepada karyawan dengan menganggap mereka seperti majikan.  Karyawan adalah orang yang mempunyai peran penting dalam kesuksesan sebuah usaha, tanpa karyawan usaha itu tidak akan berkembang.

Disampaikan oleh Murlidi Founder Bakmi Mbah Mo dalam Seminar Kewirausahaan “Sukses Bisnis Kuliner Mulai Dari Nol” yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MM-UMY) di Kampus Terpadu UMY, Sabtu (31/3). Selain Murlidi hadir pula sebagai pembicara Wahyu Nugroho Direktur Operasional Waroeng Group, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono Pakar SDM MM UMY dan moderatori oleh Widyatmoyo alumni MM UMY.

Menurut Murlidi, kesuksesan sebuah bisnis khususnya bisnis kuliner harus berani dan harus membangun kualitas terutama kualitas pelayanan yang diberikan pada konsumen. “Dengan membangun sebuah kualitas yang terbaik terutama pada pelayanan maka konsumen akan nyaman. Kualitas pelayanan tersebut dibentuk dengan menciptakan SDM yang berkualitas” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut Wahyu Nugroho Direktur Operasional Waroeng Group menjelaskan selain loyalitas yang kita tunjukkan maka selanjutnya adalah sebuah komitmen. “Komitmen harus kita bangun bersama dengan para karyawan demi mewujudkan tujuan kita  yaitu mensukseskan usaha yang telah dibangun selama ini” jelasnya.

Wahyu juga menuturkan agar lebih memberikan tempat di mata konsumen seorang pengusaha harus mampu menciptakan brand atau merek yang unik dan berkesan. “Menciptakan brand atau merk itu bisa kita mulai dari pemilihan nama, warna, slogan dan pelayanan yang beda dengan usaha kuliner lainnya” tuturnya.

Sementara itu Pakar SDM MM UMY Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono  menerangkan bahwa ternyata untuk mengembangkan sebuah bisnis khususnya bisnis kuliner, nilai atau teori dari barat tidak semua dapat diterapkan dan malah sebaliknya. “Apa yang telah disampaikan oleh kedua pembicara sebelumnya ini membuktikan bahwa metode yang digunakan ini dapat memberikan keuntungan yang luar biasa” tandasnya.

Heru menambahkan metode yang digunakan oleh kedua pembicara sekaligus pebisnis ini sama halnya dengan hukum aksi reaksi artinya ketika memberikan sesuatu yang positif maka kita akan mendapatkan sesuatu yang positif pula. “Hal ini dapat diikuti oleh para pegusaha atau pebisnis lainnya maka yakinlah bisnis tersebut akan berkembang dan memberikan keuntungan yang baik” tambahnya.(sakti)

Share This Post

Berita Terkini