Berita

UMY Selenggarakan Seminar Internasional dan Simposium Akuntansi Nasional (SISAN) 2012 UMY Selenggarakan Seminar Internasional dan Simposium Akuntansi Nasional (SISAN) 2012

Dalam pendidikan terdapat tiga pilar yang harus dilakukan oleh para akademisi yaitu pengajaran, penelitian dan publikasi, dan pengabdian pada masyarakat. Namun saat ini dari ketiga pilar tersebut yang dinilai masih rendah implementasinya adalah pilar penelitian dan publikasi. Padahal penelitian dan publikasi ini sangat penting dan wajib dilakukan oleh civitas akademika baik dosen maupun mahasiswa. Untuk mengembangkan pilar tersebut agar menjadi seimbang dengan kedua pilar lainnya maka Program Studi Ilmu Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Seminar Internasional dan Simposium Akuntansi Nasional (SISAN) 2012. Hal ini disampaikan oleh Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak.  ketua panitia pelaksana saat diwawancarai di Kampus Terpadu UMY, Senin (28/5).

Akhyar menuturkan bahwa kegiatan ini menjadi wadah bagi para peneliti, pendidik, mahasiswa dan praktisi dari seluruh Indonesia dan Asia  untuk mempresentasikan hasil riset terbaik dalam bidang akuntasi. “Selain itu simposium ini juga dapat memberikan kesempatan untuk menunjukkan kepedulian terhadap dunia penelitian ilmiah” tuturnya.

Akhyar menjelaskan SISAN UMY 2012 ini akan diselenggarakan pada 4-5 Juni 2012 di Ruang Sidang AR. Fahruddin B lantai 5 Kampus Terpadu UMY. “Acara ini akan dibuka langsung oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono X dan diikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari peneliti, mahasiswa S1, S2, S3, pejabat pemerintah dari sektor publik serta praktisi bisnis” jelasnya.

Dalam Seminar Internasional, Akhyar mengungkapkan bahwa bertindak sebagai pembicara antara lain Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Ak Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sekaligus Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, Encik Mohammad Faiz Azmi, Chairman Malaysian Accounting Standards Board, dan dalam seminar tersebut mengangkat temaThe Role of Accountants in turbulence Condition” ungkapnya.

Akhyar juga menambahkan untuk sesi simposium nasional akan mengangkat tema Akuntabilitas, Akuntan Kini dan Esok. Yang bertindak sebagai Keynote Speaker yaitu Pemimpin Cabang Bank Indonesia Yogyakarta. “Sementara itu untuk pembicara yaitu Sudirman Said, MBA dari  Dewan Pengurus Nasional IAI dan M. Yusuf Wibisana dari Price Waterhouse & Coopers” tambahnya.

Akhirnya, Akhyar berharap hasil dari SISAN UMY 2012 ini akan melahirkan sejumlah solusi untuk mendekatkan kajian teori dan hasil riset di dunia ilmiah dengan realitas praktik dalam sektor bisnis dan sektor publik. “Hasil dari simposium ini juga diharapkan akan menciptakan komunikasi bisnis, ilmiah dan budaya secara nasional dan internasional” harapnya. (sakti)

Share This Post

Berita Terkini