Berita

Mahasiswa KKN IT UMY Beri Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Bumdes dan UMKM

Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, peran serta civitas akademika untuk ikut membantu mengatasi segala persoalan yang dihadapi masyarakat tentunya sangatlah bermanfaat. Baik itu melalui kegiatan pengabdian dosennya maupun kegiatan KKN mahasiswanya. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) termasuk salah satu perguruan tinggi yang juga ikut terlibat aktif dalam membantu dan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi masa pandemi ini, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis IT, seperti yang dilakukan oleh kelompok KKN IT 042 UMY.

Kelompok KKN IT 042 UMY ini mengadakan pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi bersama mitra kelompok Bumdes serta UMKM di desa Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta pada Sabtu (6/2) lalu yang digelar secara daring dan luring. “Kegiatan pemanfaatan digital marketing ini merupakan salah satu program untuk membantu mitra dalam memaksimalkan pemasaran secara online untuk mencakup banyak pelanggan. Karena sampai saat ini Pandemi COVID -19 memang belum menunjukan kurva penurunan secara signifikan, namun semangat mereka untuk tetap mempertahankan usahanya harus tetap ada. Dengan memanfaatkan teknologi, maka mereka dapat menggunakan media tersebut dengan sebaik-baiknya pada sektor pemasaran mereka melalui sosial media,” ujar Dr. Arni Surwanti.,M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN IT 042 UMY saat dihubungi pada Sabtu (13/2).

Arni juga menyampaikan bahwa peserta Bumdes dan UMKM yang ikut serta dalam pelatihan tersebut menceritakan pengalaman mereka yang cukup sulit dalam mengembangkan usahanya akibat dampak dari adanya pandemi COVID-19. “Maka dari itu pelatihan ini juga ditujukan untuk pelaku usaha yang sedang membenahi usahanya agar tetap terus berjalan dan berkembang,” imbuhnya.

Kegiatan pelatihan Digital Marketing ini ditujukan kepada Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) dan UMKM dengan Retno Widowati PA., SE., M.Si., Ph. D sebagai pemateri yang juga merupakan dosen Program Studi Magister Manajemen UMY. Selain ditujukan untuk Bundes dan UMKM, pelatihan ini juga ditujukan untuk mereka yang sedang membenahi usahanya agar tetap berjalan dan bertahan. Dalam pelaksanaannya, acara pelatihan Digital Marketing ini dihadiri oleh 6 Pegawai BUMDES serta 12 Pelaku UMKM secara Online dan 10 UMKM. Tak hanya itu, kegiatan pelatihan ini melibatkan mitra Bumdes dan Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah (Kupas), Organisasi sosial Kampoeng Dolanan serta UMKM kuliner yang terdapat di Desa Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Adapun salah satu program yang di lakukan oleh KKN IT 042 UMY adalah memberikan pelatihan mengenai strategi memaksimalkan Sosial Media sebagai sarana pemasaran online. Selain menggunakan metode pemasaran secara online, Retno Widowati selaku pemateri mengungkapkan ketetekunan dan niat adalah kunci besar kesuksesan dalam hal marketing. “Dalam mengelola suatu usaha dibutuhkan ketekunan dan niat yang kuat dalam kondisi apapun. Misalnya saja dalam menghadapi pandemi ini, walaupun penjualan berkurang namun, mereka bisa menggunakan media sosial untuk pemasaran,” paparnya.

Mahasiswa KKN IT UMY 042 juga berharap melalui kegiatan pelatihan Digital Marketing ini dapat memberikan manfaat bagi Bumdes serta UMKM untuk mengetahui strategi dalam memaksimalkan sosial media untuk dapat memajukan jasa serta produk mereka melalui pemasaran promosi secara online. (RM)

Share This Post

Berita Terkini