Berita

Bentuk Kolaboratif dengan Pemerintah, UMY Siap Adaptif Laksanakan Program Vaksinasi Covid-19

Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum berakhir, namun wujud optimis ikhtiar yang dilakukan untuk menanggulangi Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia terus berlanjut dengan mengadakan program vaksinasi Covid-19. Hal tersebut juga dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang ikut mengambil bagian serta wujud kolaborasi dengan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini juga menjadi bagian dari ikhtiar menuju adaptasi kehidupan baru selama pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi yang akan dilaksanakan selama tiga hari dengan 6 sesi pada tanggal 29-31 Maret 2021 di Sportorium UMY.

Al-Afik, Ns., M.Kep, Chief Commender Incident Command System UMY (ICS UMY) saat ditemui pada hari Senin (22/3) di Ruang ICS UMY menyampaikan bahwa UMY turut ambil bagian sebagai bentuk ikhtiar menuju adaptasi kehidupan selama pandemi Covid-19 melalui terbentuknya herd imunity dengan menyelenggarakan program vaksinasi. ”UMY memiliki visi yang sama dengan pemerintah, yaitu terbentuknya herd imunity, serta yang termasuk bagian herd imunity adalah kita semua yang berada di lingkungan pelayanan publik. Hal yang perlu diketahui bahwa UMY sejak bulan September sudah membuka kegiatan yang bersifat luring dan ini merupakan bagian untuk kita ikut andil dalam herd imunity sendiri, sehingga output akhirnya adalah berusaha untuk ikhtiar agar pandemi segera berakhir melalui herd imunity,” jelasnya.

Afik juga menjelaskan pelaksanaan vaksinasi yang akan dilaksanakan bekerjasama dengan MPKU PWM DIY dan Dinas Kesehatan DIY. ”Saat ini UMY sedang mengajukan 1600 vaksin untuk sivitas akademika UMY, meliputi seluruh dosen, tenaga pendidikan, temporary staff, karyawan outsourching, karyawan kontrak UMY, dan juga karyawan PT. UMB. Rencana pelaksanaan vaksin akan diselenggarakan pada tanggal 29-31 Maret 2021 untuk tahap injeksi pertama pelaksaan vaksin covid-19 dan tahap injeksi kedua berjarak 14 hari pasca pelaksanaan injeksi pertama sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan dan program vaksinasi ini bekerjasama dengan dengan MPKU PWM DIY dan Dinas Kesehatan,” tambahnya.

Tidak hanya bekerjasama dengan MPKU PWM DIY dan Dinas Kesehatan Pemprov DI Yogyakarta untuk pelaksanaan program vaksinasinya, ICS UMY bekerjasama dengan Biro Sumber Daya Manusia (BSDM UMY) untuk memberikan edukasi kepada sivitas akademika terkait program vaksinasi melalui beberapa kegiatan. ”Beberapa informasi edukasi yang kami sampaikan melalui videotron yang ditayangkan di depan UMY, melalui beberapa kegiatan misalnya sosialisasi program vaksinasi meliputi edukasi apa saja yang harus dilakukan sebelum dan sesudah dilaksanakan vaksinasi Covid-19. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan setelah kegiatan senam bersama dengan dosen, tendik dan staff temporary yang diampu oleh keperawatan UMY,” tutupnya.(Sofia)

Share This Post

Berita Terkini