Berita

Chemistry Kerja Yang Kuat, Lima Wakil Rektor UMY Kembali Dilantik

Membuka lembaran baru di bulan April, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., mengawalinya dengan melantik lima wakil rektor untuk masa jabatan 2021-2025. Kelima wakil rektor tersebut ialah Dr. Ir. Sukamta, M.T., IPM., sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Nano Prawoto, S.E., M.Si., sebagai Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Manusia, Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak., CA., AAP-A., sebagai Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Keuangan dan Aset, Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D., sebagai Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni AIK, serta Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., sebagai Wakil Rektor V Bidang Kerja Sama dan Internasional.

Dalam upacara pelantikan yang berlangsung pada Kamis (01/04) di Ruang Sidang Lt. 5, Gedung AR Fachruddin B, UMY ini, Gunawan menyampaikan rasa syukurnya untuk UMY yang sudah melewati 5 tahun pertama sebagai Reputable International University dan akan menuju 5 tahun yang kedua sebagai Research Excellent University. Seperti yang diketahui, kelima wakil rektor yang dilantik pada hari ini merupakan formasi yang sama dengan periode lalu. “Saya mengucapkan terima kasih kepada para wakil rektor atas kerja sama yang diberikan selama ini. Momentum ini harus kita jaga untuk bersama-sama melangkah untuk empat tahun ke depan,” ungkap Gunawan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMY, Dr. Agung Danarto, M.Ag., turut hadir dan menyampaikan bahwa sejak awal ia telah memberikan dukungan kepada kelima wakil rektor untuk dapat kembali mendampingi Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM.untuk menjalankan amanahnya sebagai rektor. “Chemistry yang kuat dan baik sangat diperlukan dalam kepemimpinan untuk dapat memaksimalkan kinerja mencapai kesuksesan sebuah program, dan kami melihat hal ini telah ada pada para wakil rektor dan rektor,” ungkapnya. Agung melanjutkan bahwa ia berharap bahwa UMY dapat menjadi garda terdepan dalam pengembangan perguruan tinggi Muhammadiyah serta lokomotif bagi persyarikatan Muhammadiyah ke depannya.

Upacara pelantikan ini juga dihadiri oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D., yang juga menjadi saksi pengucapan janji wakil rektor dan penandatanganan berita acara serta naskah pelantikan wakil rektor. Dalam sambutannya, ia mengharapkan adanya perubahan serta peningkatan pada periode yang baru ini. “Tidak banyak pesan yang ingin saya sampaikan. Tapi mudah-mudahan setelah ini, UMY menjadi rangking satu untuk Muhammadiyah,” tutupnya. (ays)

Share This Post

Berita Terkini