Berita

Peringati Milad Fakultas Pertanian UMY ke-37, Prodi Agroteknologi UMY Bahas ‘Food Security’ di Masa Pandemi

Dalam rangka memperingati Milad ke-37 Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Program Studi Agroteknologi menggelar webinar melalui Zoom Meeting dan akun Youtube Prodi Agroteknologi UMY, dengan mengusung tema ‘Food Security during Covid-19 Pandemic: Challenges and Strategies’, Sabtu (10/7).

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah memukul dunia termasuk Indonesia, selain ekonomi yang jatuh terpuruk, di bidang persediaan pangan pun serupa. Hal ini dilihat sebagai salah satu isu yang tak boleh dikesampingkan. Menurut Dr. Siti Nur Aisyah dosen Prodi Agroteknologi UMY bahwa semua pihak dibutuhkan kontribusinya dalam menyukseskan ‘food security’, tidak hanya dari kalangan Pemerintah, petani, atau akademisi pertanian.

“Saya berharap kita semua bisa memberikan kontribusi untuk menyukseskan “food security” dan memberikan peran pada isu ini, karena tidak hanya pemerintah dan petani tapi juga kita semua sesuai dengan profesi masing-masing.”

Acara webinar ini diisi oleh narasumber dengan masing-masing konsentrasi pembahasan yang berbeda. Bjorn Low Executive Director of Edible Garden City, Singapura menyampaikan materi ‘The Emergence of a New Agriculture Paradigm’. Sementara Innaka Ageng Rineksane Ph.D Ketua Prodi Agroteknologi UMY, mengutarakan materi In Vitro Culture Technology and Its Contribution to Food Security.

Bjorn mengungkapkan bahwa pertemuan secara daring ini penting untuk dilakukan, demi kesuksesan bidang pertanian. “Saya kira kita bisa menemukan pendekatan-pendekatan baru bagi kesuksesan pertanian dan melakukan kolaborasi dalam suatu proyek. Terlebih materi ini perihal Food Security.” tutupnya.

Share This Post

Berita Terkini