Berita

46 Mahasiswa Dari 3 Negara Ikuti Program Student’s dan Lecture’s Exchange Outbond PSIK UMY

Sebanyak 46 mahasiswa yang berasal dari tiga negara mengikuti program Student dan Lecture Exchange Outbond yang digelar Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) dan Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Program ini terlaksana bekerjasama dengan Faculty of Nursing Tokyo Medical University dan FAITH Colleges Filiphine dengan host Faculty of Nursing Tokyo Medical University. Adapun 46 mahasiswa yang mengikuti program ini berasal dari 23 mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UMY, 19 mahasiswa FAITH Colleges Filiphine, dan 4 mahasiswa dari Tokyo Medical University.

Nurvita Risdiana selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas student outbond yang berupa transfer kredit, dengan salah satu kegiatannya berupa seminar bersama 3 negara. Seminar bersama 3 negara (Indonesia, Filipina, dan Tokyo) ini digelar pada hari ini, Jum’at (3/9) secara virtual melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini menurut Nurvita juga telah berjalan sejak April 2021 dan akan berlangsung hingga Oktober 2021.

Dalam seminar ini terdapat 3 pembicara dari masing-masing negara. Indonesia yang diwakili oleh dosen UMY Fitri Arofiati, MAN., Ph.D, FAITH Colleges Fillipine oleh Dr Jayson Rimas dan dari Tokyo Medical University oleh Prof. Kazuko Naruse. Ketiga narasumber saling menyampaikan pemaparan mengenai bagaimana pendidikan Nurse di masing-masing negara, jenjang karir seorang perawat, dan bagaimana peran perawat dalam masyarakat.

“Dari pemaparan para narasumber tersebut, kita bisa mendapat pelajaran dan bisa mensejajarkan pendidikan perawat di Indonesia dengan pendidikan perawat di luar negeri. Sehingga perawat Indonesia bisa siap untuk go internasional, sesuai dengan kredo UMY yang Muda Mendunia,” imbuh Nurvita.

Share This Post

Berita Terkini