Berita

Wisudawan UMY Harus Miliki Mindset Digital

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses menggelar prosesi wisuda untuk program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana Periode III TA. 2022/2023 pada Rabu (8/3) yang bertempat di Sportorium UMY. Pada periode ini, UMY mewisuda total 1.062 wisudawan dan wisudawati. Dengan pembagian 532 pada hari pertama dan 530 pada hari kedua pada Kamis, 9 Maret 2023. Prosesi upacara wisuda juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Umyogya.

Dalam momen wisuda program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana Periode III TA. 2022/2023, Rektor UMY diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T., IPM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa para wisudawan harus memiliki pola pikir digital. “Segera pastikan bahwa pola pikir kalian sudah memiliki konsep pola pikir digital di era ekonomi digital saat ini,” ujarnya

Pola pikir digital ini diharuskan ada pada setiap wisudawan dan wisudawati UMY dikarenakan perkembangan zaman yang serba digital. Dalam kesempatan yang sama, Sukamta juga menyampaikan bahwa digitalisasi ekonomi sudah menyentuh 15% dari jumlah segmen pasar yang ada. “Berdasarkan hasil survei, ekonomi digital memiliki persentase 15% dari segmen pasar yang tersedia,” jelasnya.

Perkembangan teknologi digital, berjalan sangat cepat. Proses digitalisasi pasti akan sampai pada tahap digital ekonomi. Akan banyak peluang-peluang yang muncul seiring dengan perkembangan digital tersebut.

“Persiapkan diri anda untuk menangkap peluang-peluang pada era digital ekonomi ini. Hidup anda harus dipimpin dengan ilmu. Amalan yang dipimpin dengan ilmu, akan menciptakan amalan di jalan yang benar. Apabila ditambah dengan akhlak, maka amalan tersebut akan berada di jalan yang benar dan bersifat mulia,” tegas Sukamta.

Prosesi wisuda program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana Periode III TA. 2022/2023 pada hari pertama dihadiri oleh wisudawan dan wisudawati Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian dan Fakultas Pendidikan Bahasa. Dan pada hari kedua akan dihadiri oleh wisudawan dan wisudawati Program Vokasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik dan Program Pascasarjana. (Zachra)

Share This Post

Berita Terkini