Berita

Putri Indonesia : Jadi Pendengar Aktif Itu Softskill Yang Harus Dimiliki

Putri Indonesia Intelegensia 2023, Novita Everdina Pattipeilohy menjadi pembicara dalam workshop Listen and Learn yang diadakan oleh Telinga Hati bekerjasama dengan American Corner (Amcor) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Dokter Tanpa Stigma, pada Sabtu sore (25/5). Berlangsung di ruang Amphiteater Gedung Pascasarjana UMY, wanita asal Maluku yang akrab disapa Vita itu mengatakan, menjadi pendengar yang baik merupakan softskill yang harus dimiliki.

Menurutnya, upaya meningkatkan keterampilan mendengarkan aktif merupakan advokasi yang sangat baik. Karena terkadang, seseorang merasa sudah menjadi pendengar yang baik dalam segala hal, baik dalam pekerjaan maupun dalam pertemanan, tetapi belum bisa menjadi pendengar yang aktif.

“Kadang kita merasa kita sudah menjadi pendengar yang baik dalam hal apapun. Misal dalam pekerjaan atau pertemanan, tapi apakah kita sudah menjadi pendengar yang aktif atau tidak, itu kembali ke diri masing-masing,” kata Vita.

Duta Telinga Hati itu juga mengungkapkan, apapun profesi yang dijalankan terutama yang berkaitan dengan bidang pelayanan, mendengarkan secara aktif sangatlah penting untuk menunjukkan rasa empati. Mendengarkan aktif dapat membuat lawan bicara merasa dihargai.

“Kalau kita bisa mendengarkan dengan aktif, dari situlah kita bisa menemukan solusi atau jalan keluar dari suatu permasalahan. Sama halnya saat mendengarkan curhatan teman atau orang yang kena mental health, sebenarnya mereka itu butuh didengarkan dan mereka butuh rasa empati dari kita supaya mereka merasa masih layak untuk hidup,” tandasnya.

Lebih lanjut, Vita mengatakan, untuk dapat menjadi pendengar yang aktif harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Baginya, menjadi pendengar aktif tidaklah mudah, sehingga harus dibangun dan diasah dalam kehidupan sehari-hari. Ia yakin dengan menjadi pendengar yang aktif, semua dapat memberikan dampak positif tidak hanya di lingkungan sekitar, tapi juga di seluruh Indonesia.

“Harus dimulai dari diri sendiri dulu : how to be active listen?” dari situ kita bisa tahu bagaimana cara memperjuangkan active listen? Karena kalau kita menyuruh orang lain untuk menjadi pendengar yang aktif, itu tidak bisa. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menjadi pendengar yang aktif. Maka dari itu, jadilah pendengar yang aktif dulu baru kita bisa menyebarkan ke yang lainnya,” tutup Vita. (Mut)

Share This Post

Berita Terkini