Berita

UMY Dukung Penuh Pengembangan Bakat Olahraga Mahasiswa

Penyediaan fasilitas penunjang minat dan bakat mahasiswa terus diupayakan untuk diperbaharui oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Sebagai ikhtiar untuk mengembangkan potensi mahasiswa di luar bidang akademik. Prasarana seperti lapangan olahraga menjadi satu dari sekian fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dan pada Kamis (14/8) lapangan futsal di lingkungan UMY telah selesai direnovasi dan diresmikan secara langsung oleh Rektor UMY sebagai bentuk dukungan universitas bagi mahasiswa dalam beraktivitas dan berolahraga.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN Eng. selaku Rektor UMY mengatakan bahwa lapangan futsal UMY menjadi salah satu fasilitas yang paling sering digunakan, baik oleh mahasiswa maupun dosen karena minat olahraga yang tinggi. Gunawan juga mengingatkan bagi pengelola fasilitas di lingkungan universitas untuk dapat mengelola lapangan dengan profesional, mengingat keseriusan universitas untuk mengembangkan bakat mahasiswa di bidang olahraga.

“Sebelumnya pun kami telah meresmikan pemberian beasiswa sepakbola bagi calon mahasiswa baru, dan saya pribadi yakin akan semakin banyak mahasiswa yang semakin serius untuk menggali potensi mereka di bidang olahraga apapun, termasuk futsal. Bukan tidak mungkin bahwa dari lapangan ini akan terbentuk atlet mahasiswa yang akan mewakili wilayah asal mereka untuk bertanding di level nasional bahkan internasional,” ujar Gunawan.

Lapangan futsal UMY pertama kali dibangun dan resmi beroperasi sejak 14 tahun lalu. Renovasi ini dianggap pula oleh Gunawan sebagai bentuk tanggung jawabnya selaku pimpinan universitas, atas inisiasi pembangunan oleh pimpinan universitas terdahulu. Memakan waktu sekitar satu bulan, renovasi ini dikerjakan oleh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) bekerja sama dengan Lembaga Keuangan dan Aset (LKA). Dengan mengganti lapangan yang sebelumnya menggunakan rumput sintetis menjadi lapangan interlock.

Lapangan ini telah sesuai dengan standar lapangan futsal nasional dan lebih aman untuk digunakan. Karena memiliki tekstur yang tidak licin, menjadikannya memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Material lapangan interlock pun teruji lebih tahan lama dalam pemakaiannya, serta anti bakteri dan jamur. Selain penggantian jenis lapangan, renovasi tetap dilakukan secara menyeluruh dengan melakukan revitalisasi untuk peralatan penunjang lainnya.

Gunawan mengapresiasi kinerja dari LPKA dan LKA yang telah sigap merespon kebutuhan perbaikan sarana dan prasarana universitas. Ia pun mengatakan bahwa setelah ini pihak universitas akan memperbaiki jogging track di sekitar lapangan sepak bola yang masih terganggu oleh akar pohon yang menjalar. Dengan fasilitas yang semakin baik, mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakat mereka untuk meraih lebih banyak prestasi. (ID)

Share This Post

Berita Terkini