Berita

UMY Teken MoU Dengan IPDN

Penguatan jejaring antar perguruan tinggi menjadi hal yang tak terelakkan saat ini. Apalagi iklim kompetisi menuntut perguruan tinggi untuk memiliki keunggulan dibanding yang lain. Dengan networking yang kuat, akan saling didapatkan manfaat dari berbagai kelebihan yang dimiliki perguruan tinggi lain tersebut. Sebagai salah satu strategi penguatan networking, kerjasama antar perguruan tinggi menjadi satu keharusan agar tujuan di atas dapat tercapai.

Sebagai langkah menuju ke arah penguatan jejaring tersebut, maka pada tanggal 18 Oktober 2012 (18/10) lalu Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Ir. HM. Dasron Hamid, M.Sc. melakukan penandatanganan Piagam Kesepahaman (Memorandum of Understanding) tentang Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof. Dr. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si. Penandatanganan tersebut bertempat di ruang VIP Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Turut hadir mendampingi Rektor pada acara tersebut, Dekan Fisipol UMY Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. dan Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan UMY Dr. Suranto. Acara juga dihadiri Ketua Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Andi Ramses,  Sekjen MIPI H. Rowa, Ketua Masyarakat Kiberteknologi Indonesia, serta Direktur Pusat Pengembangan Daerah Prof. E. Koeswara, serta seluruh pejabat struktural di IPDN.

Menurut Dr. Suranto yang ditemui selepas acara berlangsung, perjanjian kerja sama dalam rangka pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut mencakup beberapa hal, antara lain: bantuan tenaga dosen tidak tetap; pengembangan laboratorium pendidikan, pendayagunaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan lainnya, pelaksanaan penelitian, serta bidang lain yang relevan dengan upaya pengembangan tri dharma perguruan tinggi. Dirinya berharap semoga MoU tersebut bisa segera masuk tahap operasional, dan dapat membawa manfaat bagi kedua perguruan tinggi.

Share This Post

Berita Terkini