Iklan menjadi keperluan bisnis untuk mengenalkan produk, berbagai cara digunakan guna menarik perhatian audiens sehingga cara mengenalkan produk pun semakin beragam. Keragaman iklan dari yang mengandalkan iklan audio visual, iklan luar ruang, kemudian mulai berkembang pada iklan broadcast yang biasanya disebarkan melalui aplikasi-aplikasi handphone dan salah satu media iklan yang banyak digunakan adalah media interaktif.
Melihat hal tersebut, jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), mengadakan pameran festival UAS (Ujian Akhir Semester) pada Sabtu (20/6). Bertempat di Lobby Fisipol UMY, ratusan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY mencoba memanfaatkan media interaktif untuk beriklan, seperti menciptakan gambar, patung, foto, maupun video.
Erwan Sudiwijaya, S.Sos., MBA, selaku dosen IK UMY menuturkan bahwa kegiatan ini berguna untuk melatih mental mahasiswa dalam berkarya melalui media iklan. Hal ini dikarenakan dibutuhkan tantangan cara berkomunikasi yang tepat dan baik agar khalayak tertarik untuk melihat iklan yang dibuat. “Pada dasarnya diadakannya festival UAS ini yaitu untuk memperlihatkan karya tugas-tugas mahasiswa, agar tidak hanya sampai pada penilaian dosen saja. Namun bisa diperlihatkan kepada orang banyak, dan selain itu untuk melatih mental mahasiswa untuk berkarya, karena lulusan komunikasi nantinya yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah portofolio mahasiswa, bukan hanya nilai yang tinggi,” paparnya.
Ditambahkan Erwan, dalam festival UAS ini terdapat 3 tugas mata kuliah yang dipamerkan, yaitu mata kuliah Produksi Iklan 1 dengan 80 print ad dan 18 ambient media; mata kuliah Perilaku Konsumen dengan 9 ambient media; serta mata kuliah IMC (Integrated Marketing Communication) dengan 8 brand activisio dan 9 video studi kasus brand activison. “Pada pameran kali ini tugas-tugas mata kuliah yang di pamerkan masih hanya 3, saya berharap untuk keberlanjutan dari pameran UAS ini dapat menjadi sebuah acara tahunan IK UMY, yang dapat menaungi semua tugas mata kuliah mahasiswa yang nantinya dapat dipamerkan serentak,” tambahnya.
Annisa Ihtiarina, mahasiswa IK UMY angkatan 2012 menjelaskan bahwa dengan diadakannya pameran UAS ini dapat menjadi ajang penghargaan dan apresiasi kepada mahasiswa atas tugas kuliah yang sudah dikerjakan. “Saya sangat setuju sekali dengan diadakannya festival UAS ini, karena dengan acara seperti ini nyatanya karya dari teman-teman mahasiswa dapat diperlihatkan kepada mahasiswa di luar dari komunikasi. Selain itu teman-teman mahasiswa juga dapat mengetahui produk-produk advertising itu seperti apa,” paparnya. (adm)