Berita

Penggunaan e-learning dan blog ciptakan website berkualitas perguruan tinggi

Keaktifan mahasiswa dalam menggunakan e-learning dan blog bagi dosen menjadikan peringkat webometrics Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkat. Peringkat webometrics UMY Juli 2010 meningkat dengan meraih peringkat 3.242 dunia dan ke-29 untuk peringkat Indonesia. Sebelumnya, pada Januari 2010, UMY menempati peringkat ke -32 Indonesia. Hal ini juga menunjukkan adanya kesadaran bagi para dosen dan mahasiswa dalam menciptakan website berkualitas.

Keaktifan mahasiswa dalam menggunakan e-learning dan blog bagi dosen menjadikan peringkat webometrics Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkat. Peringkat webometrics UMY Juli 2010 meningkat dengan meraih peringkat 3.242 dunia dan ke-29 untuk peringkat Indonesia. Sebelumnya, pada Januari 2010, UMY menempati peringkat ke -32 Indonesia.  Hal ini juga menunjukkan adanya kesadaran bagi para dosen dan mahasiswa dalam menciptakan website berkualitas.

Demikian disampaikan Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) UMY, Wahyudi, ST, MT, di ruang kerjanya, Kampus Terpadu UMY, Jumat (23/7).

Naikknya peringkat ini, diakui Wahyudi, lantaran empat komponen yang mempengaruhinya. Komponen tersebut, yaitu jumlah halaman yang terindeks oleh yahoo search engine (Size), banyaknya website lain yang menautkan ke website UMY pada website lain tersebut (Visibility), Sejumlah file seperti powerpoint, PDF, word, dan postscripe yang terdeteksi dalam website UMY (Rich file), serta jumlah karya ilmiah (Scholars).

Wahyudi juga menilai, penggunaan e-learning bagi mahasiswa sangat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan akademis mengingat materi perkuliahan lebih mudah dan cepat diperoleh. “Mahasiswa saat ini tidak perlu lagi menunggu dosen membagikan materi yang akan diberikan pada perkuliahan karena mereka bisa mengunduhnya melalui e-learning yang dimiliki oleh setiap jurusan,” terangnya.

sementara para dosen semakin bersemangat untuk publikasi karya ilmiahnya melalui jurnal online. “Kesadaran para dosen dan mahasiswa dalam menampilkan dan mengisi website yang berkualitas saat ini juga meningkat sehingga aktivitas untuk memanfaatkan website tersebut pun semakin bertambah pula,” urainya. Saat ini 200 dosen UMY telah terdaftar menggunakan blog dalam menunjang kegiatan akademisnya.

Dengan peningkatan ini, Wahyudi berharap pihaknya mampu menaikkan kembali peringkat yang telah diraih UMY dengan meningkatkan jurnal online yang dimiliki dosen dan mahasiswa. “Yang menjadi tujuan bukan sekadar menaikkan peringkat webometrics.Lebih dari itu, dengan naikknya peringkat webometrics, maka kualitas perguruan tinggi dapat dilihat di website. Jika ini terjadi, hal ini menunjukkan perguruan tinggi telah siap untuk mengembangkan kemampuan teknologi dalam penyediaan informasi akademis secara online sehingga penyampaian materi kepada para mahasiwa lebih cepat dan mudah,” tuturnya.