Berita

Prodi HI UMY Gelar Lokakarya Untuk Petakan Kompetisi dan Strategi Pendampingan Mahasiswa

Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kegiatan lokakarya untuk memetakan kompetisi mahasiswa dan merumuskan strategi pendampingan bagi mahasiswa pada Sabtu (21/08) lalu. Agenda yang merupakan bagian dari aktivitas Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) ini dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan. Kebutuhan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam berbagai ajang kompetisi maupun rekognisi menjadi latar belakang Prodi HI UMY mengadakan lokakarya ini. Apalagi, keikutsertaan mahasiswa dalam berbagai kompetisi maupun forum-forum ilmiah di luar kampus akan dapat meningkatkan softskill maupun hardskill mahasiswa, juga akan berpengaruh pada kesiapan mahasiswa Prodi HI UMY setelah lulus ke depannya.

Dr. Sugito, S.IP., M.Si., PIC dari aktivitas peningkatan prestasi mahasiswa PKKM, melaporkan bahwa kegiatan lokakarya ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman kepada dosen mengenai berbagai kompetisi yang digelar oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan maupun instirusi lain baik di tingkat nasional maupun internasional. “Dosen diharapkan dapat mendampingi mahasiswanya dalam berbagai kompetisi. Sehingga kualitas karya mahasiswa dapat menjadi lebih baik dan kompetitif,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Nur Azizah, M.Si., Ketua Prodi HI UMY, menekankan pada pentingnya keterlibatan dosen dalam pendampingan mahasiswa. “Keterlibatan dosen dalam pendampingan mahasiswa merupakan salah satu Indeks Kerja Utama (IKU) dalam aspek kualitas dosen. Harapanya, dosen tidak hanya berperan sebagai pembimbing akademik atau mengajar di kelas saja, namun juga mengembangkan potensi minat, bakat, dan prestasi mahasiswa,” pungkasnya.

Dengan menghadirkan tiga narasumber yakni Oki Wijaya S.P., MP., Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMY, yang memberikan materi tentang kebijakan pemeringkatan mahasiswa tingkat nasional, Dr. Khoiruddin Bashori, Psikolog, yang menyampaikan materi tentang psikologi pendampingan mahasiswa kreatif, serta Dr. Sugito, S.IP., M.Si., yang menyampaikan peta kompetisi mahasiswa HI UMY serta karakteristik mahasiswa, kegiatan lokakarya ini menghasilkan beberapa strategi penting dalam peningkatan prestasi mahasiswa. Pertama, perlunya dukungan dana dan fasilitas dari prodi maupun universitas untuk pengiriman mahasiswa dalam kompetisi dan pembinaan mereka. Kedua, pentingnya diadakan pelatihan untuk meningkatakan kemampuan mahasiswa terutama pada kompetisi yang sering diikuti oleh mahasiswa seperti karya tulis ilmiah, presentasi, debat, PKM, dan pembuatan video. Ketiga, pendampingan dosen kepada mahasiswa melalui beberapa mekanisme yaitu optimalisasi peran Dosen Pembimbing Akademik, upgrading pemahaman dosen dalam Program Kreativitas Mahasiswa, dan pelembagaan pendampingan mahasiswa melalui penugasan oleh prodi. Terakhir, meningkatkan penghargaan prodi terhadap capaian prestasi mahasiswa yang dapat berupa penyetaraan beberapa hasil capaian mahasiswa dengan nilai akademik yang telah diatur dalam SK Rektor maupun dalam bentuk lainnya. (ays)